Senin, 05 Juli 2010

Program Studi CIC : Komputerisasi Akuntasi

Komputerisasi Akuntansi (DIII)

Terakreditasi BAN-PT 007/BAN-PT/Ak-V/Dpl-III/VII/2005, Peringkat C

Perkembangan teknologi informasi di bidang akuntansi, terutama produk-produk software yang berguna untuk proses akuntansi di perusahaan semakin banyak dan semakin membutuhkan tenaga-tenaga yang memang ahli dalam penggunaan serta pembuatan software tersebut. Keahlian dan kemampuan dalam bidang sistem informasi akuntansi mutlak dan tidak bisa ditawar lagi serta siap bekerja dalam mengoperasikan dan mengembangkan sistem informasi akuntansi, dan mengembangkan diri serta mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi, itulah sebenarnya yang menjadi tujuan dari tujuan program Komputer Akuntansi.

TUJUAN PROGRAM STUDI KOMPUTERISASI AKUNTANSI
Dengan berpedoman kepada Undang-undang No 2 Tahun 1989 tentang sistem pendidikan nasional dan peraturan pemerintah No 60 tahun 1999 tentang pendidikan tinggi, tujuan dari Program Studi Komputerisasi Akuntansi STMIK CIC yaitu :

* Menyiapkan mahasiswa menjadi sumber daya manusia yang berkompeten dan profesional dalam menerapkan pengetahuan dan teknologi di bidang Komputerisasi Akuntansi pada Era Globalisasi.
* Menciptakan lulusan yang mampu memenuhi tuntutan lapangan pekerjaan di bidang Akuntansi yang berbasis Komputer di Era Globalisasi.

KOMPETENSI DASAR
Secara garis besar Lingkup studi program Diploma Tiga Komputer Akuntansi disesuaikan dengan kurikulum nasional dan mengacu kepada kebutuhan pasar dunia kerja yang meliputi :

* Pengembangan Sistem Informasi Akuntansi (Manual , Menengah, Biaya dan Sistem Informasi Akuntansi)
* Metode dan Peralatan (Paradigma, Bahasa Pemrograman, Jaringan Komputer dan Basis Data)
* Manajemen Sistem Informasi (Analisa, serta Perancangan, Sistem Informasi Akuntansi)
* Ilmu Dasar (Manajemen, Bahasa Inggris, Algoritma)

Program Studi Komputer Akuntansi dengan jenjang pendidikan Diploma Tiga (D3) ini dilaksanakan dalam 6 Semester dengan jumlah total SKS (Satuan Kredit Semester) 113 terdiri dari mata kuliah yang dikelompokkan dalam 3 kelompok, yaitu :




PROSPEK LULUSAN
Prospek Lulusan dari program studi Komputer Akuntansi adalah untuk menghasilkan Ahli Madya Komputer yang :

* Memiliki integritas kepribadian yang tinggi, mandiri, berjiwa kepemimpinan yang beretika profesional.
* Menguasai teknik, dan peralatan dalam pengembangan sistem akuntansi berbasis berbasis teknologi informasi sehingga mampu menerjemahkan kebutuhan manajemen atau akuntansi ke dalam aplikasi sistem informasi
* Mampu membantu mengelola departemen sistem informasi untuk memenuhi seluruh kebutuhan informasi perusahaan terutama masalah akuntansi.
* Memiliki pengetahuan dan pemahaman teknik survey serta analisa suatu system informasi akuntansi baik manual maupun komputerisasi.
* Mampu menguasai dan memahami teknik-teknik pemeriksanaan suatu laporan keuangan dan informasi manajemen secara manual dan komputerisasi.

Program studi Komputer Akuntansi ini diharapkan akan membentuk lulusannya berkompeten dalam bidang pengembangan sistem informasi berbasis akuntansi, dengan bidang kerja antara lain sebagai :

* Staff/Manajemen departemen akuntansi/keuangan/pemasaran/inventory
* Operator Sistem Informasi Akuntansi
* Electronic Data Processing Division pada perusahaan dagang, jasa, keuangan, pabrik, Pemerintah dsb
* Systems Analyst, Programmer Mandiri /freelance dalam bidang sistem informasi Akuntansi




Hak Cipta ©2008 CIC

0 komentar:

Posting Komentar

CIC On The Blog

 
Copyright © 2010 CIC On The Blog | Design : eL jow