Senin, 05 Juli 2010

Program Studi CIC : Teknik Informatika

Teknik Informatika (S1)

Terakreditasi BAN-PT NO.001/BAN-PT/Ak-VIII/S1/I/2005, Peringkat B

Program studi Teknik Informatika memberikan penguasaan dan kemampuan kepada mahasiswa untuk membangun dan mengembangkan berbagai aspek teknis teknologi informatika. Penekanan dari program studi ini adalah pada bidang pemrograman dan komputasi, rekayasa perangkat lunak (software) untuk berbagai bidang aplikasi dalam berbagai bidang usaha, dan teknologi jaringan komputer. Selain itu program studi ini memberikan bidang-bidang ilmu yang berkaitan dengan pengembangan sistem informasi dan pemanfaatan teknologi lainnya dengan tujuan dapat meningkatkan efisiensi kerja di berbagai bidang usaha yang menerapkan komputerisasi. Perangkat keras (hardware) pada program studi Teknik Informatika hanya sebagian kecil saja dan program studi ini akan memberikan bekal kepada mahasiswa untuk mampu melakukan analisa dan perancangan komputasi, melakukan rekayasa perangkat lunak untuk meningkatkan performance perangkat lunak, dan penguasaan dalam teknik-teknik optimasi perangkat lunak.
Secara garis besar materi perkuliahan pada program studi ini disesuaikan dengan kurikulum nasional dan mengacu kepada kebutuhan pasar dunia kerja yang dapat dikelompokkan menjadi :

* Pemrograman dan Komputasi
Algoritma dan Pemrograman, Struktur Data, Konsep Bahasa Pemrograman, Teori Bahasa / Automata dll.
* Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) Perancangan Program, Rekayasa Perangkat Lunak dll.
* Arsitektur dan Jaringan Komputer
Arsitektur Komputer, Organisasi Komputer, Elektronika, Sistem Digital, Sistem Mikroprosesor, Jaringan Komputer dll. Basis Data dan Sistem Informasi Sistem Database, Perancangan Database, Sistem Berkas dll.

Program Studi Teknik Informatika dengan jenjang pendidikan Strata Satu (S1) dilaksanakan dalam 8 Semester dengan jumlah total SKS (Satuan Kredit Semester) 144 SKS





PROJECT PEMROGRAMAN DAN TUGAS AKHIR

* Mata Kuliah Pemrograman dilaksanakan di setiap Semester dengan nama Mata Kuliah yaitu Teknik Informatika yang terdiri dari Teknik Informatika I - Teknik informatika VIII dengan jumlah SKS 4. Tugas akhir untuk Mata Kuliah Pemrograman disebut sebagai Project Pemrograman yang dilaksanakan pada akhir semester 6 setelah mahasiswa memperoleh Mata Kuliah Teknik Informatika I - Teknik Informatika VI dan hasilnya harus dipresentasikan.
* Tugas Akhir 1 di Semester 7 dilaksanakan dalam bentuk Kerja Praktek mahasiswa di Perusahaan dengan bimbingan dari Dosen dan personil dari Perusahaan yang berwenang. Waktu yang disediakan untuk Kerja Praktek ini selama 2 (dua) bulan dan hasilnya harus dipresentasikan pada Seminar 1 di Semester 7.
* Tugas Akhir 2 di Semester 8 merupakan Tugas Akhir mahasiswa dalam menyelesaikan program pendidikannya di Jurusan Teknik Informatika. Syarat mahasiswa mengambil Tugas Akhir 2 adalah telah menyelesaikan dan lulus Project Pemrograman, Tugas Akhir 1, dan Seminar 1.

PROSPEK LULUSAN
Lulusan program studi Teknik Informatika dapat menerapkan ilmu pengetahuannya yang telah diperoleh untuk menjadi profesional sebagai:

* System Analyst
* System Engineer/Programmer
* Web Developer/Programmer
* Software Enginner
* Application Programmer
* Data Base Specialist
* Data Base Administrator



Hak Cipta ©2008 CIC

0 komentar:

Posting Komentar

CIC On The Blog

 
Copyright © 2010 CIC On The Blog | Design : eL jow